Sunday, 29 July 2012

Junior : 6 weeks

Ada yang berbeda dengan Ramadlan kali ini. Alhamdulillah, kali ini terasa jauuuh lebih bermakna. Ramadlan ini adalah Ramadlan pertama as a wife. ya, alhamdulillah bisa sahur dan buka shaum bersama dengan suami. Berbeda tentunya, sebelumnya kan kalo sahur, saya baru bangun ketika makanan semua disiapin ibu jadi tinggal "am", sekarang harus bangun lebih awal karena harus menyiapkan makan sahur suami. Alhamdulillah, bahagia banget rasanya. Di ramadlan ini juga, Alhamdulillah, mendapat hadiah istimewa yang saya yakin diinginkan hampir semua new-married-couple. Ya, kehamilan. Berkah Ramadlan untuk kami. Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah. Tapiii, kali ini juga ga shaum :(
Shaum empat hari pertama, tapi setelah itu, dr.Irna melarang saya untuk saum. Kasian dedenya katanya. Usia 5w3d waktu itu. Usia segitu junior lagi mungil-mungilnya, masih rawan, rapuh. Usia sekitar 5 weeks juga lagi berkembang neural tube-nya, maksunya calon organ syaraf yaitu otak dan sumsung tulang belakang. Kemaren sempet agak panik gara-gara nyeri perut bagian bawah, karena sempet baca kalo nyeri-nyeri itu salah satu gejala misscariage. Tapi ternyata, kalo ga disertai pusing yang amat sangat serta pendarahan hebat, maka gejala ini normal. Junior perlu tempat yang lebih luas untuk tumbuh, sehingga rahim mulai melebar dan kena kena ke ligamen otot, makanya nyeri.
Sekarang suah 6w1d, juniorku mungkin sudah sebesar bulir padi. Sistem staraf dan organ tubuh utamanya mulai terbentuk. Jantung, ginjal, hati dan paru-paru adalah organ-organ pertama yang terbentuk. Jadi lagi perlu banget nutrisi, gizi yang cukup. Makanya sama dokter disarankan untuk tidak shaum. Alhamdulillah, ibu hamil merupakan salahsatu yang diberi kemudahan, diijinkan tidak shaum jika dikhawatirkan membahayakan janin. O ya, usia 6 minggu-an juga mulai terbentuk pucuk-pucuk bakal tangan dan kaki. 
Lupa ini gambar nyomot dimana
nah, sekarang ini nih masa-masa dimana hormon estrogen dan progesteron meningkat, juga hCG dan HPL (human placental lactogen- hormon yang memicu pertumbuhan janin). Karena hormon-hormon ini meningkat, tubuh juga bereaksi, baik secara fisik maupun emosional. Katanya sih, 80% ibu hamil di minggu-minggu ini mengalami mual dan atau muntah. Semoga saya termasuk yang 20% nya. Kalau mood swings sih iya, ngerasa banget.
Aduh pengen cerita banyak, tapi... ntar aja dilanjut. :(



No comments:

Post a Comment