Wednesday, 25 July 2012

Junior : dr.Irna di RSIA Tedja

Alhamdulillah. Setelah nanya2 mbah google tentang dokter spesialis kandungan di Bandung yang enakeun, nanya-nanya sahabat-sahabat yang sudah hamil duluan, dan sempat galau super galau saat menentukan mau pake dokter yang mana, akhirnya pilihan jatuh pada dr.Irnawati Muhadji, SpOG di RSIA Tedja. Kenapa pilih dokter ini? Begini ceritanya..
Sebenarnya sudah berencana untuk cek ke dsog sejak telat 1 minggu. Dari awal memang nyari RSIA atau klinik yang dekat dan tarifnya terjangkau. Saat itu diputuskan untuk ke Klinik Bunda Nanda di daerah Cipadung, dekat rumah Akang. Ok. Hari berikutnya langsung ke sana sore-sore -tanpa nelpon dulu buat nanya2 jadwal dokter- dan deng deng, ternyata hari itu tidak ada jadwal praktek dsog perempuan. (FYI, Akang keukeuh kalo dokternya harus yang perempuan). Hari-hari selanjutnya ga sempet terus buat pulang ke Cipadung. Akhirnya nyari-nyari dsog yang deket-deket kosan aja. Mulai-lah googling sama nanya2 temen. Tapi belum dapet yang pas.
Sampe beberapa hari kemudian, smsan sama sohib sejak jaman SMA, Ugy, yang sudah "telat" juga. Tadinya saya ngajakin buat bareng-bareng ke Bunda Nanda, tapi ternyata Ugy sudah punya dokter pilihan, dokter yang dulu menanganinya pas dia mengalami misscariage. Malah saya yang diajakin, nama dokternya dr.Adrian, SpOG praktek di Kana Farma yang di Jl Ahmad Yani. Lanjut smsan, ktanya enakeun dan harga sangat terjangkau, 70rebu saja untuk dokter dan USG, belum obat. Asyik nih, sekaligus bisa ada temen tiap kontrol. Setelah nanya Akang (tentu bilang kalo dokternya laki-laki) dan Akang setuju, hari itu juga setelah magrib meluncur ke sana. Nyampe sana, Akang nanya lagi : "dokternya cowo ya?, ga usah aja ya?". Wew. Kenapa ga dari tadi pas masih di kosaaaaaan??? Hmm, kesel sih iya, tapi musti nurut kan ya? :) Pulang deh. sambil pulang sambil keliling survey ke klinik2 atau RSIA nyari jadwal praktek yang dokter cewe.Ada di RSIA Limijati, RSIA Tedja, Kimia Farma, Hermina, Santosa, dll.. Nyampe kosan langsung googling dengan semangat.  dr.sofie, dr. Anna, dr. Indri, dr. Tina? Bingung dah. Akhirnya diputuskan yang terdekat saja. Di antara dua pilihan sekarang, Limijati atau Tedja ya? Ke Limijati dulu, ternyata sedang di renov gedungnya, tetap buka sih, tapi asa gimana gitu, Akang juga ga sreg pas mau masuk ke Limijati, dan ga jadi masuk. Lanjut ke Tedja. Kesan awal biasa aja, cuma yang saya suka, ga terlalu rame. Alhamdulillah, saya memang kurang suka keramaian.
Parkirlah di halaman RSIA Tedja, masuk, liat-liat jadwal dokter ternyata ada dsog perempuan yang prakter hari itu jam 08.30-11.30 (saya datang sekitar jam 8), namanya dr. Irnawati Muhadji, SpOG. Nanya ke resepsionis, ternyata hari itu dokternya praktek jam 1, katanya nanganin pasien dulu di RS lain. Ok ga  masalah. Nanti siang tinggal balik lagi. Siangnya, sekitar jam 12.30  setelah solat dzuhur kembali ke sana. Alhamdulillah dapet antrian no tiga. Dokternya telat, 13.15 baru dateng. Deg-degan sih (takut mahal juga, ga tau tarif, cuma bawa uang 250rebu). Pas tiba giliran saya, masuk ke ruang dokter sama Akang. Mmm, kesan pertama, dokternya ramah sangat, cantik pula. Ditanya, baru pertama ya? testpack sudah positif? yuk kita langsung liat aja yuk.. Asiik, USG for the first time. Berbaring perutnya di oles gel gitu, dingiiin. Teruuus,, dokter nempelin alat ke perut, geli, hihi.. Pas liat di layar, kata dokter : ini udah ada nih kantungnya udah ada embrio nya juga, satu bulan nih sambil nunjuk-nunjuk. Alhamdulillah. Rasanya ga bisa diungkapkan deh. Dokternya juga lucu, beliau ikut excited gitu. Alhamdulillah. Alhamdulillah. 
Abis itu dokternya langsung bilang, kalo hari ini puasa lanjutin aja. Tapi mulai besok jangan puasa dulu, hamil muda masih rawan, apalagi usia kehamilan mau masuk minggu ke 6 dimana sel otak mulai terbentuk. Sangat rawan. Kalo di atas 3 bulan boleh. 
Saya rada bingung, boleh ga ya ga puasa? Kata suami sih, ibu hamil termasuk yang mendapat kemudahan, diperbolehkan tidak puasa jika dikhawatirkan membahayakan si ibu dan janin. 
dr.Irna juga menjelaskan panjang lebar, jaga nutrisi, makan makanan sehat seimbang. Jangan makan yang mentah-mentah termasuk lalap, kalo telur juga ga boleh setengah matang, harus matang bener. Karena saya punya magh, jadi saya juga ga boleh makan yang pedes2, nanti makin mual katanya. Saya masih boleh bawa motor, tapi harus hati-hati. Ga boleh ngangkat yang berat-berat, ga boleh cape, ga boleh stress. Dan satu lagi, ga boleh berhubungan dulu buat 2 minggu. Banyak sih yang dijelasin dokternya, Alhamdulillah dr. iRna enak pisan, udah cantik, ramah, ngejelasin detil tanpa kita tanya duluan. Kayaknya langsung cocok sih sama dr.Irna. Insyaallah bulan depan mau sama dr.Irna lagi. Alhamdulillah. Di perut saya ada embrio sekarang. Usia kandungan 5weeks 4days sampe hari ini, usia janin 4 minggu :). 
Alhamdulillah, terimakasih Ya Allah. Terimakasih atas anugrah terindah, berkah ramadhan, yang Engkau percayakan kepada kami. AllahuAkbar!

4 comments:

  1. Assalamualaikum mba,
    sekarang masih kontrol di dokter irna kah??
    tarif untuk sekali cek up + obat berapa yah mba ??

    makasih yah mba

    ReplyDelete
  2. Waalaikumsalam.
    Alhamdulillah masih sama dr.Irna, cocok sih kalo saya.
    Kalau periksa di RSIA Tedja, sama dr.Irna, untuk konsul dan usg 2D bayar 100rb. Kalo obat sih tergantung resepnya, tiap cek ga sama, tergantung kondisi kita sama dede bayi. Saya selalu beli obatnya dari apotek luar. Semoga membantu. Salam kenal :)

    ReplyDelete
  3. Teh, punya kontaknya dr Irna nggak ya? Saya butuh info kalo jumat beliau praktek di mana, nuhun ya.. :)

    ReplyDelete