Pages

Wednesday 20 May 2015

Curhat : Jualan kosmetik

Assalamualaikum.
Sebelumnya saya sudah cerita bahwa saya sedang semangat belajar makeup. Saya mulai senang beli-beli kosmetik (makeup dan skincare). Ya, saya tau koq pentingnya skincare sejak sebelum saya belajar makeup. Tapi ya dulu ga terlalu peduli karena saya fikir saya ga pernah bermakeup jadi cuci muka pake facial wash aja cukup.
Nah beberapa bulan terakhir saya banyak coba kosmetik. Ganti-ganti dalam rangka mencari kosmetik yang cocok buat saya. Ada yang cocok, tapi kebanyakan ga cocok dan bikin masalah di wajah saya. Entah itu timbul jerawat, bruntusan, kulit jadi kering sampai ngelupas, atau jadi kusam, dan lain lain lah. Pernah saya paksakan buat pakai suatu produk walaupun ga cocok karena sayang, eh, makin parah breakout wajah saya. Mau ga mau ya saya stop.
Produk-produk yang saya coba kebanyakan merk lokal. Pertama, karena menurut saya yang lokal formulanya pasti sudah disesuaikan dengan iklim di indonesia. Kedua, harganya murah. Jadi kalo ga cocok dan harus dibuang ga terlalu sayang. Ketiga, ya ini salah satu wujud kecintaan saya sama produk dalam negeri. Keempat, saya banyak baca review, banyak koq produk lokal kita yang kualitasnya bagus, ga kalah sama produk luar. 
Lama-lama makin banyak lah itu kosmetik yang ga saya pake. Sebagian saya kasih ke teteh, ke ibu, atau ke temen yang mau. Sampai akhirnya saya tau ada grup facebook yang khusus jual beli kosmetik preloved. Ah kemana aja saya selama ini? 
Saya join, di approve sama admin. Saya baca dulu peraturannya. Lihat-lihat dulu baru kemudian saya mantap untuk menjual kosmetik saya yang ga dipake. Pastinya dijual murah jauh di bawah harga pasar. Ya iyalah ini kan bukan baru, pernah dipake walau cuma sekali duakali. Ada juga sih yang jual baru tapi harga miring banget. Ternyata asyik ya jualan itu. Ada yang nanya aja udah seneng banget. Apalagi pas ada yang beli. Senang aja rasanya balasin komen, ngasih swatches, ngcek ongkir, adu tawar sampe deal. Asyik sungguh. Kemudian saya juga tau kalau grup preloved kosmetik ga cuma satu. Saya join juga di grup yang lain. Alhamdulillah sebagian besar kosmetik saya laku. Rugi ga? Mmmm iya sih rugi karena dijual murah, tapi bakal lebih rugi lagi kalau langsung dibuang. Iya kan?
Sekarang saya masih sering beli-beli makeup, coba, kalau ga cocok jual aja. Hehe. Tapi kalo skincare ngga, kalau udah cocok sama 1 produk saya ga ganti-ganti lagi. 
Alhamdulillah, saya semakin enjoy jualan sampe pernah kepikiran buat serius jualan aja sebagai kerjaan sampingan saya sekaligus nambah penghasilan juga. Bener ga?

ini nih kosmetik yang saya jual di grup.
ini juga
Wassalamualaikum.

No comments:

Post a Comment