Sunday, 21 February 2016

Beauty Class by Sariayu Marthatilaar

Assalamualaikum WrWb.

Saya masih mau cerita tentang Borma Beauty Fair. Tapi Kali ini mau cerita spesifik tentang Beauty Classnya Sari Ayu. Waktu ke borma sebelumnya, saya udah liat dan sengaja mengingat jadwal Beauty Class Sariayu, sabtu 20 Feb 2016 jam 2 siang. Saya pengen ikutan beauty classnya Wardah tapi jadwalnya sudah lewat. 

Sabtu kemarin saya ke Borma lagi dong. Jam 1 siang saya udah berangkat dari rumah. Rencananya mau ke jne dan wahana dulu maketin puzzle jualan saya. Ternyata wahana ga ada, pindah ga tau kemana. Jadi jam stengah 2 saya udah di Borma. Karena belum makan siang jadi saya ke foodcourtnya dulu. Sambil dengerin BA Sariayu lagi promo produk-produknya sekaligus ngiklanin beauty class yang akan dimulai sebentar lagi.

Sambil makan, sambil nguping. Katanya, cukup dengan membeli produk dekoratif apa saja dari Sariayu tanpa minimal pembelian maka berhak dapat tiket untuk ikut beauty class. Alhamdulillah syaratnya gampang. Tapi saya ga tau mau beli apa, produk dekoratif saya masih banyak dari merk lain. Ah, saya beli lotion jerawat aja, eh tapi itu bukan dekoratif. Nah saya inget pensil alis fanbo saya udah pendek, jadilah saya beli pensil alis. Harganya 23rb tapi diskon jadi 19rb aja. Kapan lagi coba ikutan beauty class cuma modal 19rb.
Pas saya masuk, ruangan buat beauty class udah siap. Mmmm, biasa aja sih, tapi cukup baguslah untuk beauty class gratisan yang diselenggarakan di tempat umum.

Tempat Beauty Class Sariayu

Setelah menukar struk dengan tiket beauty class, saya duduk deh. Saya pilih tepat di tengah-tengah biar bisa lihat jelas ke layar. Saat saya duduk, sudah ada dua orang yang duduk di baris belakang. Sampai jam 2 lebih acara belum dimulai, peserta juga baru ada 6 orang. 
Beauty classnya baru dimulai jam 2 lebih 20 menit, dengan peserta yang cuma 7 orang. Pertama kali Teteh BA memperkenalkan diri dan rekannya. Kemudian lanjut ke presentasi all about Sariayu. Dari mulai sejarah berdirinya, produk-produknya, penghargaan yang pernah diraih dan lain sebagainya.
Teteh BA -yang saya lupa namanya- sedang presentasi Sariayu
Selanjutnya, acara yang saya tunggu, beauty class. Tim Sariayu membawa satu model ke dapan. Jadi Teteh BA yang satu menjelaskan tahapan-tahapannya dan Teteh BA satu lagi mempraktekannya pada model. Satu BA lagi keliling memperhatikan dan membantu peserta sekaligus ngasih produk yang ga ada di beauty map. Oh ya, setiap peserta dikasih pinjem satu beauty map dan cape agar baju ga kotor.
Beauty Map Sariayu
Saya rangkum singkat apa  yang saya dapat hari itu ya. Dalam bermakeup ga ada cara yang benar atau salah, tapi lebih ke cocok dan nyamannya masing-masing aja.
Tahapan pertama adalah proses pembersihan wajah. Semua teori dan praktiknya hampir sama dengan yang saya pernah saya tuliskan di sini. Urutan proses pembersihan wajah yang benar adalah milk cleanser, facial foam dan toner. Jangan lupa untuk menggunakan pembersih wajah terpisah khusus untuk area mata dan bibir.
Cara pakai milk cleanser adalah dengan membagi rata banyak ke area dahi, kedua pipi dan dagu. Agak banyak karena saat proses pembersihan pake milk cleanser ini bisa sekalian pijat wajah. Caranya, setelah milk cleanser rata di wajah, simpan dua jari di dagu kemudian tarik arah bawah telinga, tarik ke sudut bibir kemudian tarik ke arah tengah telinga, tarik ke cuping hidung kemudian tarik ke arah atas telinga dan kembali ke dagu. Semoga kebayang. Selanjutnya simpan dua jari di dagu, tarik ke sudut bibir, kemudian ke cuping hidung, lanjut ke atas ke tengah alis kemudian ke dahi. Dari dahi, bawa jari mengelilingi mata dengan arah putaran ke dalam. Setelah selesai, ketuk ketuk ringan wajah dengan jari dengan jalur sama seperti di atas. Usap dengan tisu.
Tahapan selanjutnya adalah facial foam. Di sini bagian ini di skip karena tidak memungkinkan. Lanjut ke toner. Cara pakainya tuang ke kapas dan tepuk tepuk ringan ke seluruh wajah kecuali area mata.

Teteh BA praktek pada model
Setelah bersih, gunakan pelembap. Caranya, totol pelembap di dahi kemudian ratakan searah dengan tumbuhnya bulu halus di wajah. Setelah dahi rata, totol di pipi dan ratakan dan seterusnya. 

Setelah pelembap benar-benar meresap, gunakan foundation. Caranya sama persis dengan pakai pelembap. Jadi totol ke satu bagian dan ratakan, baru ke bagian lain. Jangan ditotol ke seluruh wajah baru diratakan. Tambah foundation di area bawah mata untuk menutup dark circle dan di titik bekas jerawat sebagai pengganti concealer. Segera set dengan bedak. Caranya ditepuk-tepuk ringan jangan digeser.

Selanjutnya gambar alis. Caranya kurang lebih seperti ini
Sumber

Lanjut ke riasan mata. Karena ini basic makeup, jadi cuma diajarin penggunaan eyeshadow satu warna. Caranya tap tap eyeshadow ke seluruh kelopak mata, kemudian baur agar semakin ke atas semakin pudar. Pakai juga di bawah mata tepat di tempat tumbuhnya bulu mata. Selanjutnya pakai eyeliner atas. Agar dapat melihat jelas, caranya tempatkan cermin di bawah samping dan mata memicing melirik seperti orang sombong. Tarik garis. Tipis tebal tergantung selera. 

Selanjutnya pakai maskara. Usap bulumata atas bagian atas terlebih dahulu beberapa usapan, baru bulumata atas bagian bawah beberapa usapan. Bulu mata nampak lebih lentik walaupun tanpa penjepit bulu mata. 
Lanjut ke blush on. Prinsipnya gunakan blush di area pipi di tempat tulang pipi menonjol. Mulai dari dekat telinga arahkan ke bawah. Baur agar semakin bawah warna blush semakin pudar. Terakhir lipstik. Gunakan kuas terlebih dahulu untuk membebtuk garis bibir, kemudian oles lipstik dengan rata. Selesai
Karena ini basic makeup, jadi ga ada shading-highlight dan lain lain. Cukuplah ya untuk Beauty Class gratis yang diselenggarakan di tempat umum kayak gini. Alhamdulillah, saking asyik praktek saya sampe lupa foto. Setelah selesai mau foto ternyata hp saya lowbat. Saya juga baru sadar banyak banget pengunjung yang nonton di sekeliling. Malu. Tapi gapapa sih, Alhamdulillah saya dapat ilmu. Bisa nyobain langsung, kalau ada yang ga ngerti bisa nanya, kalau ada yang kurang bisa dibantu sama Teteh BAnya. Kalau nonton aja kan ga bisa :)
Ketika pulang saya kehujanan, naik motor dan saya ga pakai helm full face. Jadilah muka saya basah. Dan sampai rumah makeup saya sama sekali ga luntur loh walau abis hujan-hujanan.
Ga luntur walo kehujanan
Alhamdulillah, sekian cerita beauty class Sariayu kali ini. Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum.

No comments:

Post a Comment