Monday, 2 May 2016

DIY : 'Cape' Dari Kerudung Tak Terpakai

Assalamualaikum WrWb.

Saya punya kerudung yang umurnya udah sekitar 10 tahun. Kerudung biasa aja sih, saya gak tahu nama bahannya apa, kayaknya shiffon sih ya. Tapi yang ini ga licin. Kerudung ini dulu dikasih dari tetangga Ibu di Garut waktu beliau pulang berhaji. Oleh-oleh haji gitu lah, tahun 2006. Ini kerudung udah sering banget saya pakai tapi warnanya sama sekali ga luntur atau memudar, cuma bahannya aja yang menipis. Suami saya kayaknya udah bosen lihat saya pakai kerudung ini sejak 2006 jaman kami ketemu aja senyum malu-malu. 
Kemarin saya kepikiran bikin 'Cape' aja ah. apa ya bahasa lainnya? Biar ga dikira cape=letih hehe. Maksud saya 'cape' di sini artinya penutup dada, semacam apron tapi depan belakang gitu lah. Ini dia
Bahan dan alat

Bahan dan Alat:
  1. Kerudung persegi
  2. Meteran atau penggaris
  3. Kapur jahit atau pulpen juga bisa
  4. Gunting
Lipat menjadi bentuk segitiga
Pertama, lipat kerudung persegi secara diagonal sehingga membentuk segitiga dengan kedua ujung bersatu.
Setelah 3x dilipat
Lipat lagi jadi segitiga yang lebih kecil. Jadi ada 4 lembar tumpukan kain. Kalau bahannya tebal, langsung gunting di tahap ini saja. Karena punya saya kerudungnya tipis, jadi saya lipat lagi jadi segitiga yang lebih kecil. Total 8 lembar jadinya.
Ukur 
Ukur seberapa panjang 'cape' yang diinginkan. Kalau saya sih maunya 'cape'nya sampai perut jadi saya ambil 48cm dari ujung atas. Kasih tanda. Ukur sisi sebelahnya lagi dan kasih tanda lagi. Hubungkan dua tanda tadi kemudian tarik garis. 

Gunting deh garisnya. Ga rapi juga gapapa, nanti rapikan lagi.
Gunting juga bagian ujung atas untuk lubang tempat masukin ke kepala. Saya ngambil 4cm dari atas. Ternyata kekecilan jadi saya potong lagi 2cm baru pas. Tapi saya ga ambil foto pas motong yang kedua kali.
Buka deh lipatan-lipatannya. Jadi deh seperti gambar di atas. Rapikan hasil guntingan tadi biar lengkungnya pas. Foto di atas itu sebelum saya gunting lagi bagian lubang kepalanya. Setelah itu saya bawa deh ke tukang obras buat di neci biar pinggirannya rapi dan ga murudul. Selesai deh.
Famel-Saya-Sina-Fika
Ini saya pakai ke acara nikahan temen kemarin. Ga keliatan kan kalo ini bekas kerudung.
Reuni tahun 2010
Ini foto tahun 2010 di acara alumni SMA. Yang pakai dasi itu Bapak Kepala Sekolah kami. Saya ya yang pakai kerudung hitam bunga merah lah pastinya, Hehe.
Oke sekian dulu cerita saya kali ini tentang 'Cape' dari kerudung tak terpakai. Semoga bermanfaat. 
Bonus foto satu lagi deh, biar kelihatan 'cape'nya gimana.

Wassalamualaikum Wrwb.

No comments:

Post a Comment