Tuesday, 3 May 2016

Resep : Tahu Tempe Cabai Hijau Sederhana

Assalamualaikum Wrwb

Saya masih belum bisa masak yang enak dan agak ribet dengan bumbu yang macam-macam. Masakan saya masih yang sederhana, cepat dan gampang aja. Seperti biasa bumbunya cuma bawang merah sama bawang putih aja. Kali ini saya masak tahu tempe cabai hijau. 
Bahan
Bahan:
  • Tahu 5 potong
  • Tempe setengah papan
  • Cabai hijau seseuai selera
  • Bawang merah 3 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Kemiri 2 buah
  • Tomat 1 buah yang kecil
  • Garam
  • Gula
  • Kecap 2 sdm
  • Minyak 1sdm untuk menumis
  • Air 1 gelas
Cara:
Potong-potong tahu menjadi 6 bagian. Sisihkan
Potong tempe seukuran dengan tahu. Sisihkan
Cuci cabai hijau dan potong-potong ukuran 2cm atau sesuai selera. Iris tomat juga.
Ulek kemiri, bawang merah dan bawang putih. 
Tumis bumbu yang sudah diulek sampai kemiri matang. Masukkan tomat dan cabai hijau. 
Setelah cabai agak layu, tuang 1 gelas air. Biarkan sampai mendidih. setelah mendidih masukkan garam dan gula. Aduk. Masukkan tahu dan tempe, tutup sebentar. Masukkan kecap sekalian koreksi rasa. Tambah gula atau garam. Biarkan sampai air menyusut. Matikan api. 
Selesai deh.
Tahu Tempe Cabai Hijau sudah siap :)
Gampang banget lah ya. Dari persiapan sampai matang menghabiskan waktu sekitar 30 menit saja. Sebenarnya saya sedang membiasakan untuk memasukkan garam dan gula itu terakhir setelah api dimatikan. Tapi untuk masakan seperti ini, kalau gula garamnya terakhir jadi ga meresap ke tahu tempenya. Kalau untuk sayur atau tumis-tumisan sih oke ya. Saya masih harus belajar banyak. 
Sekian cerita saya tentang resep tahu tempe cabai hijau kali ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum.

1 comment: