Friday, 25 August 2017

Curug Sadim, Subang plus plus

Assalamualaikum.

Sina di Curug Sadim
Bulan lalu alhamdulillah ada Bibi dari kalimantan ke Bandung. Ada acara lamaran anaknya sekalian liburan. Saya diajak ikut jalan-jalan ke ciwidey dan subang.
Kali ini saya mau cerita perjalanan ke Curug Sadim, Subang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pemandian air panas Ciater. Tidak sampai 10menit menggunakan mobil.
Dari rumah Mamah berangkat pukul 7 pagi. Ini saya sambil mengingat ya karena sudah agak lama jadi sedikit lupa. Perjalanan sekitar 2jam. Semakin dekat ke curug, semakin dingin, semakin banyak kebun teh di kanan kiri jalan.
Sampai lokasi, ternyata sangat banyak mobil motor parkir padahal belum sampai parkiran. Wah penuh nih, padahal hari itu bukan weekend. Pos tiket depan tidak ada yang jaga. Jadi kami langsung masuk. Ada sekitar 50m dari pos tiket ke tempat parkir. Di tempat parkir barulah kami diberitahu bahwa sedang ada acara gabungan PMI dan apalah lupa jadi curug ditutup untuk umum sementara. Tapi jam 11 sudah dibuka lagi. Jadilah kami balik lagi sambil diskusi mau kemana dulu nunggu jam 11.
Alhamdulillah, Abang Bangun yang memang sudah pernah ke daerah sana, tahu lokasi enakeun buat duduk-duduk dan buka bekal makan. Lokasinya dekat dengan pemandian air panas Gracia.
Kebun tah dekat pemandian air panas Gracia
Tempatnya seperti padang rumput di tengah kebun teh. Bukan padang rumput sih, ga cukup luas juga untuk disebut padang. Tapi enakeun lah. Yang lebih menyenangkan lagi, ada solokan yang airnya  bersiiih sekali, dan adem. Dingin, persis seperti di Gadog.
Buka Bekal
Sina senang sekali dibolehkan main air di solokan. Saya agak mikir dulu sih tadinya, karena saya cuma bawa satu stel baju ganti buat Sina. Mikirnya, buat basah-basahan di curug pake yang dari rumah, setelah selesai baru ganti. Ga nyangka ada acara basah-basahan juga sebelum sampai curug. Tapi kapan lagi ya Sina main di alam gini.
Sekitar jam 11 kami kembali ke curug. Sudah sepi. Kali ini ada yang jaga di pos tiket. Harga tiketnya 7rb saja perorang. Parkir mobil 5rb, motor 2rb. Sampai parkiran, kosong, hanya ada kami saja.


Jarak dari parkiran ke curugnya sendiri cukup dekat, tidak sampai 100m. Curugnya masih bersiih, dan dingin pastinya. Sayangnya, di bawahnya banyak batu-batu kecil yang sakit kalau diinjak tanpa pakai sendal.
Fasilitasnya juga lumayan lengkap. Toilet bersih dan ada beberapa. Jadi ga terlalu antri kalaupun lagi banyak pengunjung. Ada warung-warung bambu yang menjual kopi seduh, susu, mie rebus dan teman-temannya. Ada mushola juga, kecil tapi cukup lah. Mukena nya juga bersih.
Menurut saya, Curug Sadim ini salah satu tempat wisata alam yang wajib dikunjungi kalau kita ke daerah Subang. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau kita bisa menikmati keindahan alam dengan beberapa fasilitas yang cukup memadai.
Terimakasih untuk Abang yang sudah ngajakin ke tempat ini sekaligus jadi fotografer yang baik hati dan tidak sombong. He he.

Wassalamualaikum.

*Ini saya ga ngerti deh kenapa sebagian foto-fotonya pada muter. Saya tarik dulu sementara karena kurang enak dilihat. Insyaallah sesegera mungkin saya perbaiki.

No comments:

Post a Comment