Wednesday, 31 July 2019

Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng | Game Level 10 | Aliran Rasa

Iri....pada hal yang baik itu diperbolehkan kan? Di level ini,  sungguh saya iri pada teman-teman lain yang bisa mendongeng dengan berbagai cara,  menggunakan media-media yang begitu keren,  membuat diy mengagumkan, membacakan buku premium, bercerita dengan ekspresi dan intonasi seru,  berkisah dengan memasukkan begitu banyak hikmah dan sebagainya.  Sementara saya,,, mendongeng masih seputar bercerita menjelang tidur.  Sambil mengusap punggung Sina,  bercerita random sesuai mood kami malam itu. Entah mungkin tak banyak hikmah yang bisa Sina dapatkan.
Tapi meski begitu,  jika direnungkan,  2 pekan rutin mendongeng sungguh membawa perubahan besar yang sangat berarti untuk kami,  ya,  saya dan Sina. Kami seperti menemukan kembali sesuatu yang selama ini hilang. Saya yang sering merasa gagal menjadi seorang ibu,  merasakan kembali bahwa ternyata saya masih dunia-nya Sina.  Saya yang dibutakan oleh tingginya ekspektasi terhadap Sina,  menyadari ternyata begitu banyak kelebihan Sina yang selama ini tak nampak oleh mata saya.  Sampai kemudian saya terkejut,  bagaimana bisa saya sempat merasa Sina itu 'that terrible'.  Astagfirullah.

Mendongeng setiap malam,  telah berhasil menguatkan kembali bonding kami yang sempat mengendur. Berkisah sambil mengusap,  telah meyakinkan Sina bahwa Bundanya masih dan tetap selalu menyayanginya.  Bercerita sambil bercengkerama,  juga menjadi jalan untuk kami kembali menata hati,  menata diri,  bersiap melangkah lagi, melupakan semua perih,  dan bersama bersyukur karena kami sampai hari ini tetap menjadi keluarga yang utuh. 

Friday, 26 July 2019

Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng
| Game Level 10 | Hari ke 10

Dongeng kali ini agak berat dan serius.  Bunda bercerita  tentang kisah Nabi Musa dan pengikutnya yang dikejar Raja Firaun dan bala tentaranya.

Hal yang ditekankan :
1. Selalu ada pertolongan Allah untuk umatnya yg taat.
2. Hukuman bagi orang jahat yg ingkar.
3. Mukjizat hanya diberikan kepada para Nabi

Saat ngedongeng kali ini,  ada kosakata baru yang Kakang belum paham artinya seperti mukjizat dan ingkar.  Dibandingkan dongengnya,  Kakang lebih fokus ke arti kata itu apa. Baiklah Nak,  berarti Bunda harus lebih pandai memilah dan memilih kata agar lebih mudah dipahami oleh Kakang.

#GrabYourImagination
#Kuliah BunSay IIP
#Level 10
#MembangunKarakterAnakMelaluiDongeng
#Tantangan 10 hari

Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng
| Game Level 10 | Hari ke 9

Karena kalau ngedongeng mengarang Bunda suka ngawur ga jelas,  maka malam ini Bunda memilih ngedongeng-in berdasarkan buku saja.  Kakang memilih buku "Menyelamatkan Kota Plasta".  Ceritanya dalam bentuk komik.  Jadi Bunda ngedongeng mengikuti gambar-gambarnya saja dengan berbagai improvisasi,  ga membacakan tulisannya.
Buku ini berkisah tentang Hansaboy. Hansaboy mengikuti lomba kebersihan kampung setelah terjadi angin besar yg menyebabkan sampah-sampah berserakan. Disaat Hansaboy dkk bersih-bersih, Denil and the gang bikin onar dan buang sampah sembarangan. Denil terpeleset karena menginjak kaleng bekas dan tangannya terbakar karena jatuh mengenai tempat pembakaran. Hansaboy dkk menolong dan mengobati Denil serta menasehati Denil bahaya buang sampah sembarangan.

Ada beberapa pesan yang Kakang dapatkan dari cerita Hansaboy
1. Budayakan bersih2 lingkungan
2. Bahaya buang sampah sembarangan
3. Cara pengobatan untuk luka lecet akibat terjatuh dan luka bakar.

#GrabYourImagination
#Kuliah BunSay IIP
#Level 10
#MembangunKarakterAnakMelaluiDongeng
#Tantangan 10 hari

Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng
| Game Level 10 | Hari ke 8

Sesekali (eh sering kali)  Bunda mengarang bebas saat mendongeng, seperti malam ini.  Bunda bercerita tentang anak bernama CDE (baca cede-e) yang sering membantah perkataan orangtuanya dan membuat ibunya sedih sampai jatuh sakit. Sengaja Bunda sisipkan cerita yang merupakan kejadian asli bersama Kakang.  Misal, saat ibunya meminta tolong CDE untuk melakukan sesuatu,  CDE nya ga mau aja. Ibunya jadi sedih.
Atau saat jadwalnya mandi tapi CdE nya bilang ntar dulu ntar dulu. 
Sesungguhnya...itu adalah kekesalan Bun sama Kakang,  haha. 
Ternyata,  dengan mendongeng justru Kakang lebih mengingat pesan yang disampaikan daripada Bunda langsung bilang "Kang,  kalau dimintain tolong teh jangan ga mau aja, malu lah,  cape lah,  bla bla bla"  yang biasanya memang panjaaang jadi omelan. Meski dongeng kali ini  banyak ngawurnya dan disertai 'nakut-nakutin dikit'  ternyata Kakang bisa menangkap poin yang ingin Bunda sampaikan.  Besok besok,  Bunda harus lebih serius lagi mengarang dongengnya,  yang seru tapi ga ngaco-ngaco amat. 

#GrabYourImagination
#Kuliah BunSay IIP
#Level 10
#MembangunKarakterAnakMelaluiDongeng
#Tantangan 10 hari

Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng | Game Level 10 | Hari ke 7

Bunda memilih ngedongeng-in Kakang Sina cerita berjudul "Main Bersama"  karya Kak Benny Rhamdani. Ceritanya tentang Sophi Paus dan Tere si Ikan Teri.
Hikmah yang bisa diambil dari cerita ini adalah
1.Tidak boleh sombong.  
2.Berteman dengan siapa aja ga pilih-pilih teman. Ga masalah cantik ganteng,  tinggi pendek,  hitam putih, banyak uang atau tidak.  Yang penting sifatnya baik,  kelakuannya baik.

*will be edited soon

#GrabYourImagination
#Kuliah BunSay IIP
#Level 10
#MembangunKarakterAnakMelaluiDongeng
#Tantangan 10 hari

Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng
| Game Level 10 | Hari ke 6

Kali ini Bunda membacakan dongeng karya Kak Andi Yudha berjudul Semangat Kuca.



Dari cerita ini,  Bunda menekankan beberapa hal
1. Bersyukur,  masih punya Ayah Bunda, sehat.  Kuca dan kuci ibunya sudah meninggal dan ayahnya sakit.
2. Berbagi,  saling tolong dengan saudara seperti kuca kuci yang mau gantian pakai sepatu yang hanya ada sepasang.
3. Semangat belajar.  Kuca kuci selalu berlalu agar tidak terlambat ketika pergi sekolah.
4. Tetap tersenyum kalau ada teman yang mengejek.

#GrabYourImagination
#Kuliah BunSay IIP
#Level 10
#MembangunKarakterAnakMelaluiDongeng
#Tantangan 10 hari

Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng
| Game Level 10 | Hari ke 5

Semalam Bunda bercerita kisah Nabi Yusuf yang diceburkan ke dalam sumur. 
Singkatnya begini
Nabi Ya'qub sangat sayang kepada Nabi Yusuf.  Saudara-saudara Nabi Yusuf iri dan merencanakan sesuatu untuk menghilangkan Nabi Yusuf. Mereka mengajak Nabi Yusuf ke hutan. Di hutan,  Nabi Yusuf diminta membuka bajunya kemudian diceburkan ke dalam sumur.  Bajunya diberi darah binatang kemudian diberikan kepada Nabi Yaqub sebagai bukti kalau Nabi Yusuf dimakan serigala.  Ayahnya,  Nabi Ya'qub sangat sedih sampai jatuh sakit.
Cerita bersambung karena Kakang Sina sukses tertidur.

#GrabYourImagination
#Kuliah BunSay IIP
#Level 10
#MembangunKarakterAnakMelaluiDongeng
#Tantangan 10 hari

Sunday, 14 July 2019

Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng
| Game Level 10 | Hari ke 4

Badai memang belum berlalu,  kami masih berjuang bersama untuk bertahan dan sekuat tenaga keluar dari hantamannya yang bertubi. 

Semalam kami banyak berkisah tentang perjuangan ini. Tentang roda kehidupan yang terus berputar. Tentang malam yang berganti jadi siang. Juga tentang janji Allah bahwa setelah kesulitan itu ada kemudahan.

Bundaaa, saat malam,  kita merasakan gelap, tak bisa melihat ke depan dengan jelas, dingin,  takut,  khawatir. Tapi begitu fajar tiba,  semburat cahaya keluar,  kita yakin malam telah berganti,  menuju siang yang terang dan hangat.
Satu puisi pernah Akang (suami) buatkan sebagai pengingat dan penyemangat.  Agar jika kami kembali merasa rapuh,  tak perlu menunggu rubuh untuk membangun kembali. 

Sayangnya beliau belum mengizinkan puisinya di tuliskan di sini. Kalimat terakhirnyra selalu terngiang

Semua sudah tercatat dan pasti terjadi
Tak mungkin kau dapat lari atau sembunyi

Tak ada dongeng untuk Sina &  Bana malam ini,  tapi berjuta doa kami panjatkan bersama.  Semoga kepahitan ini tak akan pernah mereka alami.

#GrabYourImagination

#KuliahBunSayIIP
#Level10
#MembangunKarakterAnakMelaluiDongeng
#Tantangan10hari

Saturday, 13 July 2019

Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng
| Game Level 10 | Hari ke 3

KAKANG SINA SAYANG BUNDA

Semalam Bunda libur nge-dongeng-in Kakang sebelum tidur.  Sore hari saat kajian rutin di masjid komplek Bunda sudah merasa ga enak badan. Nyeri ulu hati dan sedikit mual.  Sampai di rumah sakitnya semakin menjadi.  Ulu hati semakin sakit serasa ada yang menekan. Rahang berat. Keringat dingin mengucur di seluruh tubuh. Isi perut terkuras karena muntah berkali-kali.  Lemas tak terkira. 
Ba'da maghrib Bunda menyerah.  Ayah menghubungi Bang Aril - dokter, sepupu Ayah -  yang Alhamdulillah sedang off dinas.  Katanya GERD.
Kakang mendekati Bunda yang tiduran dengan botol berisi air panas di perut.
"Bunda.. Apa yang sakit?  Sina pijitin ya"
Kakang pun memijit kaki Bunda,  lalu tangan,  lalu kepala..
"Bunda jangan sakit,  Sina sedih. "
Lalu
" Bunda jangan meninggal,  nanti Sina sedih ga mau Bunda baru. Sina sayang Bunda. "
Bunda terharu. Meski semalam tak ada dongeng,  tapi bonding kami terasa semakin semakin semakin kuat. Terimakasih Kakang.
Pagi hari saat Kakang bangun,  Bunda sedang di dapur.
" Bunda udah ga sakit lagi? Yee alhamdulillah nanti malam kita ngedongeng lagi"

#GrabYourImagination
#KuliahBunSayIIP
#Level10
#MembangunKarakterAnakMelaluiDongeng
#Tantangan10hari

Friday, 12 July 2019

Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng | Game Level 10 | Hari ke 2

GITA GURITA  DAN HIU PERKASA

Bunda berkisah tentang gurita bernama Gita yang sedang bermain ke rumah gurita lain di gua di dasar laut. 

#GrabYourImagination
#KuliahBunSayIIP
#Level10
#MembangunKarakterAnakMelaluiDongeng
#Tantangan10hari

Thursday, 11 July 2019

Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng
| Game Level 10 | Hari ke 1

JIKA AKU JADI DINOSAURUS

Hari ini Bunda bercerita tentang Sali yang dikasih hadiah berisi mainan dinosaurus oleh pamannya. Cerita ini pernah Bunda baca di buku "Cara Pintar Mendongeng" dengan modifikasi dan improvisasi di sana sini. Singkatnya begini
Sali memainkan mainan dinosaurus sambil berkhayal. Kalau jadi dinosaurus,  Sali mau jadi ultrasaurus,  jenis dino paling besar dan berat.  Kalau berjalan bisa membuat tanah bergetar.  Tapi Sali ga bisa jalan cepat karena tubuhnya terlalu berat.
Sali berubah pikiran mau jadi Elasmosaurus,  dino dengan leher panjang dan hidup di air.  Gampang sekali mendapatkan makanan kesukaannya yaitu ikan.  Tapi Sali pegal karena leher lanjang dan tinggal di air terus.
Sali kemudian ingin jadi tiranosaurus reks aja.  Panjang dan rahangnya sangat besar dengan deretan gigi yang tajam.  Tapi Sali jadi ga punya teman karena wajahnya seram.
Sali akhirnya memutuskan mau jadi diri sendiri aja deh.  Jadi anak ayah dan ibu yang punya banyak teman dan saudara.

Bunda sengaja memilih cerita ini karena Kakang Sina sedang sering bilang
"Sina mau jadi Azmi ah biar boleh main hp di luar."

"Sina mau jadi Kakay ah biar punya sepeda besar."
"Sina mau jadi Arka ah biar rumahnya dua lantai."
Dll

Selesai berkisah tentang Sali,  Bunda menyisipkan cerita tentang teman-temannya yang begini begitu dengan segala kelebihan kekurangannya.  Alhamdulillah di akhir cerita Kakang memutuskan sama seperti Sali.
Sina mau jadi Sina aja ah,  biar tetap jadi anak Ayah sama Bunda,  jadi Kakangnya Bana.  Biar bisa nonton film ditemenin pura-pura di bioskop.  Biar bisa dimasakin telor goreng sama Bunda. Biar bisa main zombie sama Ayah.
#GrabYourImagination

#KuliahBunSayIIP
#Level10
#MembangunKarakterAnakMelaluiDongeng
#Tantangan10hari

Thursday, 4 July 2019

Be Creative | Game Level 9 |Aliran Rasa

Assalamualaikum.

PR Bunda kali ini adalah...
1. Melatih diri berpikir kreatif.
2. Memberi anak ruang kebebasan untuk bermain dan bereksplorasi.

Karena..

Kreativitas anak yang terpendam harus dipicu agar keluar
Kreativitas yang sudah keluar harus dipacu agar menjadi kebiasaan dan karakter anak.