Thursday, 28 January 2016

Ngobrol Skincare : Perawatan Kulit Wajah

Assalamualaikum WrWb.
Akhirnya saya kembali setelah sekian lama meninggalkan blog ini. Maafkan saya, mimpi untuk rajin dan rutin posting ternyata hanya sebatas mimpi. Semoga ini awal yang baik. Kali ini saya mau curhat aja. 
Sejak saya mulai menyukai dunia per-makeup-an, saya juga berusaha menjaga dan merawat  kulit saya agar selalu sehat. Semakin sering saya coba-coba produk makeup, semakin saya sadar bahwa yang paling penting itu bagaimana merawat kulit wajah agar tetap cantik walaupun tanpa makeup.

Saat remaja saya merasa kulit saya jenis normal kering, tapi selalu saja ada jerawat 2-3 biji terutama saat period. Saya selalu beli produk perawatan wajah untuk kulit normal kering, ya walaupun ga rutin pakainya dan sering ganti-ganti produk. Pakainya kalau lagi inget atau kalau kabita liat orang lain. Ngga banget ya saya? Heu. Kesini-sini, mungkin baru 2 tahun terakhir saya sadar kalo sebenarnya kulit saya itu kombinasi. Berminyak di area dahi dan hidung, sementara area lain normal. Saya baru benar-benar memperhatikan jenis kulit saya setelah saya mulai coba-coba main makeup. Saya baca di suatu blog – yang saya lupa namanya- cara gampang menentukan jenis kulit ya dilihat saat bangun tidur. Kalau bangun tidur kulit wajah kita kering (ga berminyak)  ya berarti jenis kulit kita normal kering. Kalau saat bangun tidur kulit wajah penuh minyak ya berarti jenis kulitnya berminyak. Nah, saat itu saya bangun tidur langsung ngaca, dan yaa area dahi hidung berminyak sementara area pipi, atas bibir dan dagu kering. Saya amati beberapa hari ternyata tetap seperti itu. Saya ambil kesimpulan jika kulit saya ini jenis kombinasi. Saya pun mulai merombak semua produk perawatan wajah saya.
Menemukan produk perawatan wajah yang cocok juga ternyata ga gampang ya. Saya banyak baca review sebelum memutuskan membeli suatu produk. Tapi ternyata tetap ga bisa dijadikan patokan, yang cocok di si A belum tentu cocok di saya walaupun jenis kulit kami sama. Saya beberapa kali merombak perawatan kulit wajah saya. Mencari yang cocok. Cocok di kulit, dan cocok di kantong. Hehe.

Selain berminyak di area dahi dan hidung, masalah saya adalah flek. Iyaa nih di pipi saya ada flek hitam gara-gara seumur-umur saya ga pernah pake sunscreen. Padahal jaman SMP sampai kuliah saya banyak berkegiatan di luar ruangan yang pastinya panas-panasan terkena sinar matahari langsung. Saya ga ngeh sih betapa pentingnya sunscreen. Sesekali juga dulu saya pake pelembap ber-spf sih, tapi ya kadang-kadang, spf apa juga dulu saya ga ngerti (dan ga peduli). Jadilah sekarang saya menyesali diri, hiks.

Mulai lah saya mencari produk perawatan  wajah yang harganya terjangkau tapi bisa menghilangkan flek ini. Dan, susah ternyata. Tapi Alhamdulillah sih sekarang mulai menipis, tapi tetap masih keliatan kalau wajah saya ga pakai apa-apa dan dilihat dari jarak dekat. Saya sama sekali belum pernah mencoba produk yang harganya menurut saya mahal. Saya takut cocok. Iya, kalau ternyata cocok kan sayang kalo harus ganti produk lagi, tapi kalau diterusin takut mengganggu stabilitas perekonomian rumah tangga, haha, maklum saya mah ga modal sendiri, masih dimodalin suami, takut memberatkan.
Saat ini, rangkaian produk perawatan wajah harian  yang saya  gunakan adalah
  1. Viva milk cleanser greentea.
  2. Viva toner green tea.
  3. Hadalabo gokuyjun facial wash.
  4. Pelembap sekar tanjung mustika ratu.
  5. Parasol sunscreen.
  6. Krim malam sekar menur mustika ratu
  7. Tendercare oriflame sebagai lipbalm.

Untuk perawatan mingguan
  1. Mustika Ratu peeling mundisari
  2. Mustika Ratu masker bengkoang

Peeling dan masker ini saya gunakan seminggu tiga kali. Kecuali saat period saya stop peeling. Alhamdulillah sejauh ini kulit wajah saya lerasa lebih sehat, kenyal dan halus. Flek hitam juga lumayan menipis walaupun belum sepenuhnya hilang. Suami bilang muka saya lebih cerah. Adik yang jarang ketemu pun bilang kulit saya lebih putih. Menurut saya sih bukan lebih putih, tapi mulai kembali ke warna asli kulit. Alhamdulillah.


Selain produk di atas, saya juga selalu sedia betadin sebagai obat jerawat. Saya udah nyoba sariayu tolak jerawat, acnol, sariayu loyion jerawat, viva lotion jerawat, wardah acne lotion. Di saya yang paling manjur ya betadin ini, jerawat kecil bermata sembuh 1-2 hari, jerawat besar juga sembuh 3-4hari, dan yang paling penting sih jerawatnya ga berbekas. Sekarang begitu ada jerawat muncul, langsung saya oles betadin setiap habis wudlu kecuali kalo lagi di luar rumah. Thanks Lintang untuk infonya.

OK sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum WrWb :) 

No comments:

Post a Comment