Wednesday, 18 December 2013

Clodi Sina

Well, saya ga akan review clodi Sina satu persatu karena saya tahu sudah banyaaaak banget blogger yang review tentang clodi. Saya mau bilang kalo saya nyeseeeeelll banget kenapa ga dari awal Sina lahir dipakein clodi. Sejak awal hamil saya sudah mengenal clodi sebenarnya. Hanya saja waktu itu saya terlalu banyak mikir, koq mahal yah, koq ribet yah perawatannya, males mesti nyuci-nyuci juga. Jadilah sebulan pertama Sina pake popok kain tradisional. Bahkan ketika hujan terus menerus dan popok Sina ga ada yang kering, pinjem ke sepupunya yang usianya selisih 2 bulan -saking ga mau pake pospak-. Tapi ternyata tekad untuk tidak menggunakan pospak akhirnya runtuh. Awalnya nyoba, dan keenakan karena pee dan poo Sina ga berceceran kemana-mana, bikin nyaman yang gendong, dan ga banyak cucian. Hehe. Tapi ternyata saya kembali teringat tentang banyaknya bahan kimia berbahaya yang ada di pospak, koq ya kasian kalo Sina terpapar pospak setiap hari. Selain itu, selama di Garut, saya bingung gimana cara buang sampah pospak ini karena di sini ga ada tukang sampah pun tempat pembuangan sampah. Biasanya warga membakar sampah, malah ada yang membuang ke sungai. Dan yang terutama, ternyata pengeluaran buat pospak itu lumayan juga. Ambil minimalnya aja, kalo ganti setiap 4jam, maka sehari butuh 6 pospak, sebulan 180 pospak. Jika 1 pospak harganya 1500 (ambil minimal nih) maka sebulan perlu 270000, kalo 2 tahun berapa coba? Hmm. 

Saat usia Sina 5 bulan, baru deh saya dan suami sepakat untuk beralih ke clodi. Saya riweuh browsing-browsing nyari review clodi agar saya ga salah beli, sekaligus nyari onlineshop yang recommended. Akhirnya saya memutuskan membeli 5 buah clodi untuk awal. Yang saya beli pokado warna abu dan orange, pempem snap perkakas, soby minky footprint, babyland plane. Beneran deh ga sabar nunggu aa jne dateng nganterin clodi ini. Hehe. 
Dan saya langsung jatuh cinta. Order lagi. Order lagi dan lagi. Saya beli lagi cluebebe, gg, eco-g, zigiezag, bebibum, nathabam, sheizy dan apa lagi ya? lupa, hehe. Sengaja saya beli merk yang berbeda-beda agar saya tau yang mana yang paling cocok untuk Sina.
Dan favorit saya adalah Pempem! Insertnya sangat stat dry jadi Sina selalu nyaman. Ya, Sina memang sangat tidak nyaman kalo popoknya basah, basah sedikit aja selalu mrengek minta ganti. Alhamdulillah. Favorit kedua Soby Minky, outer lembuut inner stay dry juga. Sebenernya semua stay dry koq, cumaaa kalo yang dua ini kalo kena pee cepet banget keringnya lagi. Langsung. 
Saya kurang suka model pants, karena kalo dipake tidur (siang ataupun malam) pasti rembes samping karena bagian karet sampingnya non-waterproof, kecuali nathabam. Saya lebih suka model pocket dibanding cover. Ya walopun cover bisa dipake lebih lama karena cukup ganti insertnya aja kalo ga kena poo, tapi cover-cover yang saya punya selalu geser-geser insertnya walaupun ada snap.
Kalo untuk insert, saya lebih suka bamboo dibanding microfiber. Walaupun lebih lama kering, tapi daya tampung lebih banyak dan ga gampang pesing. Saya suka insert litty-nya pempem (gabungan 75%bamboo dan 25%cotton) karena lebih cepat kering tapi dayatampung mantap. Saya juga memanfaatkan alas ompol baby-oz untuk dijadikan insert. Cukup lipat-lipat dan masukkan ke pocket, jadi deh insert. Lumayan bisa untuk 2-3 kali pipis. Hehe
Saya memperlakukan clodi sama seperti pakaian biasa, ga mau pusing dan ga mau ribet, ga disikat pastinya.. Tentunya saya menggunakan deterjen yang tanpa pemutih, tanpa pewangi, dan tanpa pelembut. Awalnya saya pake ultraco. Tapi karena males beli online lagi (mahal ongkir hehe), maka selanjutnya saya pake daia sedikiiit saja. Bahkan kalo hanya terkena pee, maka clodi insert dan liner saya cuci dan bilas dengan air yang banyaaak, air mengalir. Enak koq disini ga perlu bayar air, hehe. Saya baru mencoba klerak, enak sih, wanginya segar dan bilasnya gampang, no residu pula. Tapi ya itu, lagi lagi saya males beli lagi kalo harus online.
Jam 22.30 nih, saatnya ganti clodi Sina, nanti dilanjuut yaaa

2 comments:

  1. apakah semua merk clodi cocok bunda buat sina?
    atau ada rekomendasi clodi yang paling murah dan paling nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete