Pages

Monday 6 January 2020

Jurnal Telur 3 :
Menemukan Cara Belajar

Assalamualaikum.
Untuk mencari strong why telur-telur merah dan menemukan telur orange, saya ingin bercerita sedikit tentang telur-telur merah saya.

1. Homeschooling
Sejak keluarga kami sepakat untuk tidak memasukkan Kakang Sina ke sekolah formal dan memilih homeschooling, maka kami (khususnya saya sebagai eksekutor utama) harus mempelajari banyak hal agar kegiatan HS tetap menjadi kegiatan yang membahagiakan.
Ilmu-ilmu yang perlu saya pelajari adalah
- Tugas perkembangan.
- Planning,kurikulum khas keluarga kami
- Materi yang akan disampaikan
- Ide/kreasi/how to delivery
- Alokasi waktu

2. Manajemen waktu
Mungkin ini yang paling urgent saat ini. Bagaimana caranya tetap bahagia dengan kondisi berjauhan dengan suami, sibuk beberes untuk pindahan, menjalankan homeschooling Kakang Sina, membersamai Bana, menyelesaikan urusan domestik dan lain sebagainya. Maka untuk bisa memanage waktu dengan baik maka saya perlu ilmu
- Membuat jadwal harian/ to do list
- Membuat skala prioritas
- Membuat kandang waktu
- Membuat dan memenuhi jadwal penggunaaan gawai
- Mematuhi cut off time
- Tidur awal, bangun awal

3. Manajemen Emosi
Kadang menjadi seorang ibu hamil (lagi) membuat saya sering menyalahkan si hormon yang membuat emosi saya naik turun. Iya sih, tapi saya ingin bisa mengendalikan emosi positif negatif dan mengalirkannya dengan tepat agar tak menyakiti orang lain terutama anak-anak dan suami. Maka saya perlu belajar 
- Dzikir untuk ketenangan hati
- Olahraga, yang sesuai untuk ibu hamil tentunya
- Berpola pikir positif
- Bersabar dan ikhlas menerima kondisi
- Beristirahat dengan cukup
- Mencatat jurnal syukur setiap hari

4. Journaling
Mengapa memasukkan journaling ke telur merah? Karena saya ingin berbagai hal yang saya lakukan, saya pelajari, saya rencanakan, saya rasakan bisa terdokumentasikan dengan rapi sehingga memudahkan saya melihat sejauh mana progress dan bagian mana yang harus direvisi. Maka saya perlu belajar:
- Teknik journaling
- Membuat jurnal syukur
- Mencatat/mendokumentasikan kegiatan HS
- Mendokumentasikan hasil jahitan
- Menuliskan perasaan


Maka saya menyimpulkan bahwa tujuan saya harus memiliki keterampilan yang saya tuliskan di telur merah adalah agar saya BAHAGIA.


Saat harus memilih ilmu yang akan menjadi telur orange, sesungguhnya saya bingung, saya merasa ilmu-ilmu tersebut saling terkait dan sama penting. maka saya putuskan menuliskan secara global.
Dan inilah telur-telur orange saya
Wassalamualaikum.


No comments:

Post a Comment