Pages

Monday 19 March 2018

MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS
NHW #8 Matrikulasi Ibu Profesional

Assalamualaikum.
Alhamdulillah sudah masuk NHW #8. Tak terasa 8 minggu sudah berlalu dan matrikulasi sebentar lagi berakhir. Meski saya mengerjakan NHW kadang dengan terseok-seok penuh kebingungan, tapi Alhamdulillah terasa sekali perbedaannya dengan sebelum ikut matrikulasi. Hidup saya lebih terarah, lebih berarti, tak hanya sekedar menjalani hidup sehari-hari untuk kemudian mati suatu hari nanti. Alhamdulillah. Saya betah ada di IIP ini.
Untuk Nice HomeWork kali ini saya akan menuliskannya langsung dalam bentuk tanya jawab.

a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)
Mengajar.
Lebih jelas lagi saya memilih peran Educator yang tidak hanya mengajar, namun juga menyampaikan, melatih ilmu dan atau keterampilan agar bisa dipahami oleh orang lain. Selalu ingin memajukan orang lain dan senang melihat kemajuan orang. 

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan "BE DO HAVE" di bawah ini :
Sebenarnya ini agak berbeda dengan prinsip be-do-have yang selama ini saya pahami. Sempat disinggung oleh Teh Suci saat diskusi materi sesi#8 mengenai redaksi lain be-do-have ini dan setelah saya coba menjawab dengan redaksi yang saya pahami ternyata memiliki jawaban yang berbeda. Jadi saya pakai redaksi yang dituliskan di NHW#8 saja.
1. Mental seperti apa yang harus anda miliki untuk menjadi seperti yang anda inginkan ? (BE)
- Saya harus menjadi seorang pembelajar yang terus menerus mengupdate ilmu dan keterampilan.
- Saya harus menjadi seorang pendengar yang baik, berempati kepada lawan bicara saya sebelum saya bisa mengajarkan sesuatu kepadanya.
- Saya harus lebih berani berbicara, menyampaikan pengetahuan yang saya miliki tanpa merasa minder tapi dengan cara yang santun dan tidak merasa benar sendiri.
- Kalau suami saya bilang, saya harus seperti tiang listrik. Mau ada yang pegang, yang meluk, yang mukul, yang corat-coret, ya tetap saja berdiri di situ. Harus istiqomah, teguh memegang prinsip. 
2. Apa yang harus anda lakukan untuk menjadi seperti yang anda harapkan ? (DO)
- Terus menerus belajar, mengupgrade ilmu dengan banyak membaca buku dan me-resume-nya, berlatih, praktik. 
- Berguru langsung kepada yang lebih ahli
- Bersihkan hati jangan banyak suudzon, selalu berpikir positif.
3. Apa yang akan anda lakukan apabila anda sudah memiliki yang anda harapkan? (HAVE)
- Bersyukur, bersyukur, bersyukur.
- Terus mengamalkan ilmu menebar manfaat
- Berbagi, dengan lingkungan terdekat terutama
- Meningkatkan target

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
Saya akan menjawab bagian ini dengan menyesuaikan dengan jawaban saya pada point a.
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
- Mempunyai Rumah Sains Arafi, rumah yang fokus kegiatannya ke pengenalan dan pendalaman konsep matematika fisika dan eksperimen sederhana khusus untuk anak.
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)
- Sudah mantap dengan kurikulum homeschooling anak-anak saya
- Sudah memiliki metode khusus mengajarkan konsep dan eksperimen sains yang mudah dimengerti dan disukai anak
3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)
- Merutinkan kembali kegiatan bersama Kakang Sina dan mendokumentasikannya terutama yang terkait eksperimen sains anak.

Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH. Bismillah...

No comments:

Post a Comment