Pages

Wednesday 21 February 2018

HEbAT dan IIP

Assalamualaikum.

Alhamdulillah, saya bersyukur sekali bisa mengikuti perkuliahan matrikulasi Institut Ibu Profesional. Terimakasih kepada Ibu Septi yang telah menyusun kurikulum sedemikian rupa sehingga Alhamdulillah saya bisa mendapat banyak pencerahan. Semangat belajar sebagai orangtua yang sempat melempem alhamdulillah sekarang berkobar kembali.

Tugas minggu kemarin tentang mendidik dengan kekuatan fitrah membuat saya teringat grup HEbAT yang selalu menggaungkan tentang fitrah. Saya bergabung dengan HEbAT sejak nama grup masih HEBPA dan dibagi regional-regional. Awalnya saya rajin mengikuti materi kulwap dan diswap di grup, sempat bergabung juga di pokja CBE Bandung Timur meski dari awal sampai grup dibubarkan saya tidak berkontribusi apa-apa. Saya juga sudah membeli buku Fitrah Based Education sejak versi awal dikeluarkan. Tapiii, jujur, saya belum mempelajarinya dengan sungguh-sungguh. Baru sekilas sekilas dan masih saya pilih pilih bab apa yang saya perlukan. 
Hingga akhirnya beberapa hari yang lalu saya memutuskan kembali membuka grup wa HEbAT, yang kini sudah dikelompokan sesuai usia anak, dan membaca dengan serius percakapannya. Saya bahkan baru sadar nama saya ada di jadwal piket minggu lalu, yang artinya saya melalaikan tugas untuk masuk dapur piket grup. 
Untungnya, saat grup lama membahas materi matrikulasi Home Education ini, saya sempat save materi-materinya di laptop. Alhamdulillah masih ada, tinggal saya yang harus bersiap mengulang lagi mempelajari dan memahami materinya satu persatu. 
Andai saja saya serius mempelajari dan memahami materi-materi hebat dari dulu, mungkin saat mengerjakan NHW kemarin saya tidak akan kebingungan mencari jurusan kehidupan, menentukan misi hidup, bidang yang ingin dikuasai serta dan peran saya sebagai apa. Kini setelah menyadari maka PeEr saya bertambah. Saya akan mengulang mempelajari materi matrikulasi HEbAT. 
IIP dengan HEbAT ini ternyata seiring sejalan, klop. Materinya banyak beririsan. Bu Septi yang founder IIP juga merupakan salah satu SME di HEbAT. Dalam beberapa diskusi di grup matrikulasi IIP juga saya melihat framework Fitrah Based Education yang ada di buku. Kemudian saya baru sadar ada yang berbeda dengan di buku yang saya pegang. Ternyata oh ternyata, punya saya masih versi 1, yang diberikan Teteh fasilitator sudah versi 7. Barulah saya ngeh kalau saya belum mendapatkan revisiannya.
Framework FBE versi awal
Alhamdulillah pokoknya. Yuk ah semangat belajar, semangat memperbaiki diri. Mari mendidik diri sendiri demi mendidik anak-anak.
Wassalamualaikum.

No comments:

Post a Comment