Pages

Sunday 4 February 2018

INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN
NHW #2 Matrikulasi Institut Ibu Profesional

Assalamualaikum.

Alhamdulillah minggu menjelang subuh ini Cibiru tak terlalu dingin setelah kemarin diguyur hujan. Alhamdulillah Sina dan ayahnya masih tidur lelap sehingga saya punya waktu luang buat ngoprek blog. 
Nice Homework #2 kali ini cukup menantang, membuat checklist indikator profesionalisme perempuan, fokusnya ke peran kita sebagai individu, sebagai istri dan sebagai ibu.
Saya coba tanya suami tentang indikator istri seperti apa yang bisa membuatnya bahagia. Beliau menjawab :"Istri yang berpakaian rapi di siang hari dan seksi di malam hari". Haha. Ada sih jawaban lain, saya coba menjadikan jawaban suami sebagai referensi dalam pembuatan indikator di tabel di bawah. 
Saya juga tanya Sina, "Sina maunya Bunda kayak gimana biar Sina-nya senang terus?" Jawaban Sina :" Sina mau Bunda temenin Sina mewarnai, temenin Sina nonton video, temenin Sina main lego, temanin Sina main mainan semuanya, temenenin Sina baca buku, sama temenin Sina bobo." Oke, intinya adalah temenin
Indikator yang dibuat ini harus memenuhi kunci yang disingkat menjadi 'SMART' yaitu Specific (unik/detail), Measurable (terukur, contoh : dalam 1 bulan 4x sharing belajar), Achievable (bisa diraih, tidak terlalu susah tapi tidak terlalu mudah), Realistic (berhubungan dengan kondisi kehidupan sehari-hari), dan Timebond (ada batas waktu).
Daaan, inilah checklist indikator profesionalisme perempuan versi saya.

Saya sebagai individu

Checklist indikator saya sebagai individu
Saya sebagai seorang istri
Checklist indikator saya sebagai istri
Saya sebagai seorang ibu
Checklist indikator saya sebagai ibu
Kebetulan, sejak awal tahun ini saya mulai belajar mencatat segala sesuatu di Bullet Journal ala-ala saya.  Beberapa indikator di atas pun memang sudah termasuk ke dalam daily tracker saya. Saya membuatnya untuk satu bulan berjalan, di akhir bulan saya evaluasi sebelum membuat untuk bulan selanjutnya. Biasanya setiap menjelang tidur saya isi daily tracker saya, sekaligus nge-cek kembali agenda untuk besoknya. 
Dan inilah daily tracker di bullet journal saya. Isinya campuran antara ceklis pekerjaan rumah sekaligus sebagai catatan indikator-indikator di atas. Indikator peran sebagai ibu baru saya buat bulan ini, sementara indikator sebagai individu dan istri tetap saya tulis mengikuti format bulan sebelumnya, tidak terpisah. Terlihat masih kosong karena hari ini masih tanggal 4, baru kemarin ganti bulan. Maafkan kualitas foto yang buruk karena ambil fotonya subuh-subuh dengan kamera hp dan bantuan penerangan dari lampu belajar.
Daily tracker halaman 1
Daily tracker halaman 2
Daily tracker halaman 3
Insyaallah saya akan berusaha sebisa mungkin untuk konsisten melaksanakan aktivitas saya di atas dan rutin mencatatnya. Semoga ini menjadi salahsatu jalan menuju diri saya yang lebih baik dan lebih bermanfaat.
Salam (calon) Ibu Profesional!
Wassalamualaikum.

No comments:

Post a Comment