Pages

Tuesday 11 September 2018

Game Level 1 :Komunikasi Produktif Hari #6


Salah satu aturan di rumah kami adalah bermain maksimal dua jenis mainan dalam satu waktu. Jika ingin berganti mainan lain maka salahsatu harus dibereskan dan disimpan ke tempat semula. Salah dua nya adalah merapikan dan mengembalikan ke tempatnya jika sudah selesai bermain. 

.
Kakang sedang asyik bermain dengan dua temannya ketika ada rame-rame di luar. Mereka bertiga keluar dan beberapa menit kemudian Kakang kembali, sendirian. Melihat adiknya sedang 'baceo' Kakang mendekat. Mainan masih berserakan.

.
👦 : "Bun, boleh main sama dede? Boleh disayang?"

.
Saya memintanya untuk cuci tangan-kaki dulu karena baru saja dari luar, kakinya sedikit kotor. Tadinya mau sekalian minta beresin mainannya dulu tapi Alhamdulillah inget perintahnya harus satu-satu. Kakang ga mau, nanti saja katanya. Biasanya saya jawab lagi dengan rada 'mengancam' ga boleh pegang-pegang adeknya kalau belum cuci tangan. Kali ini, saya coba mengontrol nada bicara dan mengatakan apa yang saya inginkan.

.
👩🏻 : "Bunda maunya Kakang cuci tangan-kaki dulu, biar bersih :)"

.
Alhamdulillah langsung nurut. Main-main deh sama Bana, ngajak ngobrol, pegang tangannya, usap-usap, kiss :) Masyaallah bahagia sekali melihatnya, Alhamdulillah.

.
Beberapa menit kemudian Kakang minta ijin pinjam hp, mau main game cenah. Saya jawab boleh setelah bereskan mainan. Dia baru sadar domino-nya belum beresin dan beralasan cape kalau bereskan mainan dulu. Nego dia, main hp dulu sebentar baru nanti beresin cenah. Saya ga kasih, tetap minta bereskan dulu. Nego lagi, minta dibantuin. Saya ga bantu, akhirnya dia bereskan sendiri dengan wajah sedih. 

.
👩🏻 : "Kang, dulu waktu Bunda kecil juga Bunda suka disuruh beresin lagi kalau habis main. Kalau ga diberesin Nenek jadi kesel. "

.
Niatnya mau mengganti nasehat dengan refleksi pengalaman. Tapi Kakang masih kelihatan sedih. Diam ga menjawab. Ayah kemudian ngajak main. Ketawa-ketawa lagi deh. Beresin mainan selesai, minjem hp pun ga jadi karena keasyikan bercanda sama Ayah.

.
Alhamdulillah hari ini berlalu tanpa omelan. Semangat ya Nak, semoga besok kita bisa lebih baik lagi. 
.
#hari6
#tantangan10hari
#gamelevel1
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional


No comments:

Post a Comment