Pages

Wednesday 12 September 2018

Game Level 1 : Komunikasi Produktif Hari #7


Sejak semalam saya bilang ke Kakang bahwa hari ini kami akan mengajaknya untuk menengok adek bayi, sepupunya. Saya janjikan pergi jam sembilan pagi. 
Bangun tidur seperti biasa, nyamperin Bana ngajak main sebentar, kemudian ingat mau pergi nengok adek bayi. Saya bilang abis semua mandi dan sarapan, jam 9 kita berangkat. Alhamdulillah Kakang minta mandi duluan, padahal biasanya banyak alasan kalau disuruh mandi pagi. 

👩🏻 : "Alhamdulillah, terimakasih ya Nak sudah mau mandi pagi sendiri tanpa disuruh". 

Ayah, Kakang, sama Bana sudah mandi. Tinggal saya yang masih 'caludih', masih mengerjakan urusan domestik seperti biasa. Kakang mulai ga sabar ingin segera berangkat. Saya mencoba berbicara dengan intonasi rendah.

👩🏻 : "Kan Bunda sudah bilang berangkat jam 9. Sekarang Bunda mau mandi dan siap-siap dulu. Tunggu ya."

Keadaan aman terkendali. 
Di rumah sepupu, Kakang hanya duduk diam sekitar 5 menit saja. Saat saya ngobrol-ngobrol, Kakang malah lari-lari dengan sepupu yang lain. Awalnya saya bilang untuk jangan lari-lari. Tapi kemudian ingat untuk mengatakan hal yang diinginkan, bukan yang tidak diinginkan.

👩🏻 : "Kang, Bunda mau Kakang duduk di sini sama Bunda. Adek bayinya nanti terganggu kalau Kakang lari-lari dan berisik aja."

Beberapa menit berhasil duduk manis, selanjutnya lari-lari lagii. Saya mengulangi lagi kalimat sebelumnya, berhasil sebentar kemudian lari-lari lagi. Sama Abang diajak ngasih makan ikan, berhasil pada diam. Menit selanjutnya mulai kejar-kejaran lagi. Si Bunda mulai bertanduk, tarik nafas. Daripada ngomel, akhirnya kami pamitan, lanjut ke rumah nenek. 
Di rumah nenek, Kakang bolak balik naik turun tangga sambil teriak-teriak. Saya mengibarkan bendera putih, nyerah, minta tolong ayahnya yang menemani. Selanjutnya anteng main perosotan di kaki ayahnya sampai energinya hampir habis dan tertidur di samping Bana. 
Maaf ya Nak, Bunda agak menjauh dulu tadi, soalnya udah gemes pengen ngomel. Semoga besok bisa lebih sabar lagi.

#hari7
#tantangan10hari
#gamelevel1
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

No comments:

Post a Comment