Pages

Thursday 5 September 2019

Keluarga Multimedia | Game Level 12 |
PrimaKu

Assalamualaikum. 
Aplikasi pertama yang akan saya review adalah PrimaKu.  Aplikasi ini launching bulan Juli 2017 oleh PT Cipta Medika Informasi dan didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak indonesia (IDAI). 

Saya mengunduhnya setelah lahiran BaNa. Saat itu saya lihat dr. Piprim mempromosikannya di status FBnya.
Saat klik aplikasi,  kita akan langsung ke dashboard dan melihat ada 4 page lainnya. 
Tampilan dashboard seperti ini. 
Selain nama anak tentunya,  ada data berat badan,  panjang badan,  dan lingkar kepala anak yang terakhir di-input.  Di saya,  data ini merupakan data BaNa saat penimbangan posyandu bulan Agustus kemarin.  Ada highlight jadwal imunisasi dan juga beberapa artikel.

Page kedua adalah catatan imunisasi.  Asyiknya,  PrimaKu ini memiliki dua jadwal imunisasi,  yaitu berdasarkan jadwal IDAI dan PPI.  Saya memakai PPI karena BaNa memang hanya imunisasi dasar yang disubsidi pemerintah saja.  Ada fitur reminder juga untuk membantu kita mengingatkan kapan jadwal imunisasi selanjutnya.

Page ketiga adalah pertumbuhan, isinya chart alias grafik.  Ada 5 grafik yaitu grafik berat badan menurut usia,  grafik panjang badan menurut usia,  grafik berat badan menurut panjang badan,  grafik indeks masa tubuh untuk usia dan grafik lingkar kepala untuk usia. Di bawah grafik,  ada history data yang pernah kita masukan juga ada tombol tambah data untuk memasukkan data baru. Paling bawah sekali,  ada rekomendasi gizi yang jika kita klik akan membawa kita ke halaman baru berisi artikel tentang asi dan mpasi sesuai rentang usia anak.

Page keempat adalah perkembangan. Ada KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan). KPSP ini merupakan penilaian perkembangan anak berdasarkan 4 sektor perkembangan yaitu motorik kasar,  motorik halus,  bicara/bahasa dan sosialisasi/kemandirian. Saat kita klik rentang usia tertentu,  ada tahapan perkembangan tiap sektor dan cara stimulasinya. 
Page terakhir adalah artikel seputar parenting dan kesehatan anak.  Page ini yang paling jarang saya buka,  males,  hehe.  Kecuali memang sedang butuh artikel sesuatu atau ada artikel yang memang menarik perhatian. Bahkan saya lupa buat screenshots page artikel ini.
Aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk meng-input data untuk lebih dari 1 anak.  Saya sudah mendaftarkan Kakang Sina juga dan berniat menyalin semua catatan tumbuh kembangnya.  Tapi sampai saat ini masih belum aja,  hehe.


Kelebihan:
- Aplikasi ini ringan,  ga bikin hp lemot. 
- Fitur cukup lengkap untuk mencatat tumbuh kembang anak. Hampir sama dengan buku KMS.
- Bisa untuk lebih dari satu anak dalam satu aplikasi.
- Warna tiap page berbeda,  ga bikin bosen dan jenuh mata. 
- Gratis tentu saja.


Kekurangan:
- Belum ada catatan pemberian vit A. 
- Belum bisa diback-up.  Kalau data hilang ya bye deh input ulang semuanya.

Sekian review singkat saya mengenai aplikasi PrimaKu. Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum.

#Day1
#Tantangan10Hari
#KeluargaMultimedia
#KuliahBunSay
#InstitutIbuProfesional

No comments:

Post a Comment