Pages

Friday 6 September 2019

Keluarga Multimedia | GameLevel 12 |
Kids Place

Assalamualaikum.
Sebagai orangtua, sungguh kami masih jauuuuh dari ideal. Inginnya bisa menyiapkan dan selalu menemani Kakang Sina bermain,  berkegiatan positif yang bisa menstimulasi aneka kecerdasannya. Idealnya ingin hari-hari Kakang Sina bisa dilalui tanpa screen-time, main hp terutama. Tapiiii... kenyataannya belum bisa. Atuh da Ayah-Bunda-nya  juga masih sering terlihat pegang hp. Jadi, kami memperbolehkan Kakang main hp,  pinjam hp Bunda dengan batas waktu. Untuk saat ini Kakang boleh main hp maksimal 15menit sekali main, maksimal 4 kali.  Jadi total maksimal 1 jam dalam sehari semalam. 
Kendalanya adalah misal Kakang sudah habis waktu 15 menit,  tapi Bunda sedang mengerjakan sesuatu atau riweuh apalah,  nah kadang bablas deh bisa sampai 30menit bahkan lebih. Kendala lain misal  Kakang sudah tahu waktu habis,  tapi kadang masih lanjut aja kalau Bunda belum ambil kembali hp nya. Jadi kami rasa kami butuh aplikasi yang bisa memberi batas waktu ini. 
Saat masih memakai iphone,  ini ga sulit ya.  Karena ada aplikasi bawaan iphone yang menyediakan fitur ini.  Maaf lupa namanya. Saat waktu habis, otomatis hp terkunci,  gelap seperti mati. Mengembalikannya ada shortcut tinggal pencet home 3kali. 
Di android,  ga ada fitur bawaan seperti ini.  Jadilah saya mencari dan mencoba beberapa aplikasi parental control yang bisa memberi batas waktu ini.  Setelah mencoba beberapa,  ternyata yang paling pas di hati adalah aplikasi Kids Place.

Mengapa memilih Kids Place
- Gratis, meski fitur terbatas. Kalau mau premium, ada free trial 7 hari kalau ga salah.  Selanjutnya bayar cuma 3rb aja perbulan. 
- Tidak perlu akses internet. 
- Tidak perlu login dengan email dsb.
Timer Lock
Fiturnya apa aja? 
- Timer lock.  Ini yang utama yang kami cari. 
- Kita bisa mengatur aplikasi apa aja yang bisa dibuka oleh anak.  Ini menghindarkan anak tak sengaja menelepon,  kirim WA,  atau mengunduh aplikasi lain misalnya. 
- Autolock. Kalau ada aplikasi yang ga boleh dibuka tapi eh ga sengaja muncul atau kepencet atau apalah,  layar langsung mengunci dan perlu pin untuk membukanya. 
- Bisa men-disable semua sinyal wifi.  Jadi kalau Kakang buka youtube go,  Kakang hanya bisa buka video yang memang sudah kami save bersama. 
- Bisa diatur jadi launcher mode anak gitu. Tampilan lucu sesuai keinginan anak dengan hanya aplikasi pilihan kita yang muncul. Mengembalikan ke mode normal perlu pin juga.
Tampilan saat mode anak
Kekurangannya apa? 
- Aplikasi ini bisa block telepon masuk dan keluar. Jadi jika hp sedang dimainkan Kakang,  semua telepon ga bisa masuk. 
- Karena mobile data di-off-kan dan semua sinyal wifi disable,  WA dan lain-lain juga ga bisa masuk. Saat sudah mode normal,  baru deh ngaburudul tuh notifikasi.


Demikian review saya tentang aplikasi Kids Place. Salahsatu aplikasi yang masuk ke kategori manajemen diri/anak/keluarga. Semoga bermanfaat.

#Day2
#Tantangan10Hari
#KeluargaMultimedia
#KuliahBunSay
#InstitutIbuProfesional

No comments:

Post a Comment